Workshop Inovasi Project/Problem Based Learning Jurusan Akuntansi
Magelang – Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tidar selenggarakan Workshop Inovasi Project/Problem Based Learning Jum’at, 15 November 2024 bertempat di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi. Workshop menghadirkan narasumber Dr. Irwan Endrayanto A, S.Si., M.Si. dan Rr Tur Nastiti, Ph.D.

Kegiatan workshop diikuti oleh seluruh dosen Jurusan Akuntansi. Hadir dalam acara Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dr. Muhamad Wahyudi, S.Pd., M.Si., Koordinator Prodi Program Studi S1 Akuntansi Dr. Siti Arifah, S.E., M.Si.
Dalam paparannya narasumber menjelaskan Desain Pembelajaran dengan Metode Case Study atau Project Based Learning. Serta menjelaskan PERMENDIKBUDRISTEK NO. 53 TAHUN 2023 TENTANG PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI (PMPT) dan PERMENDIKBUDRISTEK NO. 53 TAHUN 2023 TENTANG PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI (PMPT) STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (pasal 6 ayat 1) “Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal mengenai kesatuan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian mahasiswa dari hasil pembelajarannya pada akhir program pendidikan tinggi.”

Kemudian narasumber menjabarkan Desain Case-Based Learning, Pembelajaran Berbasis Kasus
- Mahasiswa berperan sebagai “protagonis” yang berusaha untuk memecahkan sebuah kasus
- Mahasiswa melakukan analisis terhadap kasus untuk membangun rekomendasi solusi, dibantu dengan diskusi kelompok untuk menguji dan mengembangkan rancangan solusi
- Kelas berdiskusi secara aktif, dengan mayoritas dari percakapan dilakukan oleh mahasiswa
- Peran dosen : memfisilitasi dengan cara mengarahkan diskusi, memberikan pertanyaan dan obervasi
Pembelajaran Berbasis Proyek
- Proyek adalah bagian dari pekerjaan yang melibatkan kegiatan berbasis penyelidikan (inquiry-based activity) dapat kecil atau besar, dilakukan oleh individu atau kelompok dan hasilnya dapat berupa laporan, desain, karya seni, wiki, poster atau produk kerja.
- PjBL adalah bentuk pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa yang didasarkan pada tiga prinsip konstruktivisme:pembelajaran spesifik konteks, peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, dan tujuan mereka tercapai melalui interaksi sosial dan berbagi pengetahuan dan pemahaman
D
Mudah-mudahan melalui workshop Workshop Inovasi Project/Problem Based Learning Jurusan Akuntansimutu pendidikan di Jurusan Akuntansi dapat ditingkatkan.
Penulis dan editor : Bakhtiar Wijayanto, S.Kom.