Program Studi Akuntansi jenjang S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tidar menyelenggarakan pendidikan yang memberikan konsep keilmuan dan keahlian guna menghasilkan lulusan yang siap memasuki dunia usaha / dunia industri sebagai sarjana akuntansi. Berdasarkan izin operasional yang tercantum dalam Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 369/KPT/I/2016, Program Studi Akuntansi jenjang S1 secara resmi menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2017/2018. Mahasiswa program studi ini dibekali keilmuan melalui pembelajaran yang melingkupi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, sehingga lulusan program studi ini mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dapat diandalkan. Kurikulum Program Studi Akuntansi jenjang S1 dirancang sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program studi, guna menghasilkan lulusan dengan produktivitas kerja yang berorientasi pada pengguna atau pasar kerja. Kurikulum disusun dengan berdasarkan landasan hukum yang berupa peraturan perundangan dan kebijakan mengenai penyusunan kurikulum yang berlaku, terutama mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Struktur kurikulum Program Studi Akuntansi jenjang S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tidar memuat struktur mata kuliah sebanyak 54 mata kuliah wajib dan 18 mata kuliah pilihan dengan bobot keseluruhan sebanyak 145 sks, dan akan ditempuh mahasiswa dengan tepat waktu. Setelah menempuh masa studi tersebut lulusan program studi akuntansi jenjang S1 akan memperoleh gelar Sarjana Akuntansi (S.Ak). Bidang keilmuan yang diberikan kepada mahasiswa meliputi analisis keuangan, akuntansi pemerintahan, pemeriksaan keuangan, dan kewirausahaan. Bidang-bidang keilmuan yang ditawarkan ini diharapkan akan membentuk lulusan Program Studi Akuntansi jenjang S1 yang mempunyai keahlian sebagai sarjana akuntansi sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan akuntansi, ataupun bergerak mandiri sebagai seorang wirausaha. Penjaminan mutu pembelajaran program studi dilaksanakan baik secara internal maupun eksternal, termasuk dintaranya melalui peninjauan kurikulum yang akan dilaksanakan secara periodik setiap minimal 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia usaha. Peninjuan kurikulum ini juga dilaksanakan agar Program Studi Akuntansi jenjang S1 bisa menghasilkan tenaga kerja terampil dan lulusan akuntansi yang berkualitas serta mampu menghadapi isu-isu perekonomian pada periode tersebut. Salah satu contohnya adalah Kawasan Ekonomi Terintegrasi Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Selaras dengan tujuan Untidar dan FE Untidar, berikut ini tujuan PS:
Visi misi dan tujuan ini mendeskripsikan cita-cita dan harapan dari program studi Akuntansi jenjang S1 Fakultas Ekonomi UNTIDAR dalam mengembangkan keilmuan dan teknologi di bidang akuntansi dengan mengedepankan Tri Dharma perguruan tinggi. Sistem pendidikan yang dilakukan di Program Studi Akuntansi jenjang S1 Fakultas Ekonomi UNTIDAR dilaksanakan dengan pendekatan berbasis riset. 5. SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN Sasaran Sesuai dengan pencapaian mutu yang ingin dicapai, PS menetapkan sasaran sebagai berikut: a. Terwujudnya suasana akademik yang dinamis dan responsif. b. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan aplikatif untuk pengembangan ilmu akuntansi. c. Membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui kegiatan pengabdian. d. Menghasilkan analis keuangan dan akuntan pemeriksa yang profesional. e. Melahirkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri melalui kewirausahaan. f. Terciptanya kerjasama dengan stakeholders yang relevan dan bereputasi.
Strategi Pencapaian Untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan, PS menetapkan strategi pencapaian sebagai berikut: 1. Pendidikan berbasis riset yang berkualitas dan inovatif. a. Menerapkan metode pembelajaran student centre learning. b. Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan selaras dengan kesepakatan konsorsium akuntansi. c. Ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang dan memadai. d. Peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut, pelatihan, sertifikasi, dan profesi. 2. Penelitian untuk kemajuan dan pembaharuan ilmu akuntansi. a. Tema penelitian sesuai dengan isu terkini. b. Penelitian dosen yang sesuai dengan kepakaran. c. Peningkatan kualitas penelitian melalui workshop/pelatihan. d. Memfasilitasi dosen untuk diseminasi hasil penelitian. e. Mendukung dosen untuk aktif publikasi hasil riset. 3. Pengabdian hasil pengembangan IPTEKS dan kontribusi pada masyarakat. a. Tema pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat. b. Kerjasama/perijinan dengan instansi terkait. c. Sponsorhip untuk mendukung kegiatan pengabidan (dana). d. Pemanfaatan hasil pengabdian untuk kemandirian masyarakat. 4. Lulusan yang kompeten pada 4 bidang. a. Membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis yang sesuai dengan konsentrasi. b. Melibatkan praktisi dalam pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa. c. Memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktik kerja lapangan yang relevan dengan masing-masing konsentrasi. d. Menyelenggaran uji kompetensi akuntansi. e. Menyusun tugas akhir berdasarkan konsentrasi. |
Pendidik
Utpala Rani, S.E., M.Si. Kaprodi S1 Akuntansi
Dosen
1. Chaidir Iswanaji, S.E., M.Akt.
2. Supanji Setyawan, S.Pd., M.Si.
3. Eva Wulandari, S.E., M.Sc.
4. Agustina Prativi Nugraheni, S.Pd., M.Si.
5. Octavia Lhaksmi Pramudyastuti, M.Acc, Ak.
6. Nibras Anny Khabibah
7. Risma Wira Bharata
8. Siti Afidatul Khotijah
9. Ghina Fitri Ariesta Susilo