Accessibility Tools

Sample Page
,

Peningkatan Kapasitas Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) Oleh Jurusan Akuntansi

Magelang – Dalam rangka kegiatan peninjauan kurikulum Program Studi D3 Akuntansi , Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar kami menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) pada Rabu, 20 November 2024 di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi Universitas Tidar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Axel Giovanni, S.E., M.M. (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi), Ari Nurul Fatimah, S.E., M.Acc (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi), Dr. Muhamad Wahyudi, S.Pd., M.Si. (Ketua Jurusan Akuntasi), Retnosari, S.E., M.Si. (Koordinator Prodi D3 Akuntnasi), Instansi/Perusahaan Rekanan Jurusan Akuntansi, Perwakilan alumni D3 Akuntansi, dan Dosen Jurusan Akuntansi.

Hetika, S.Pd, M.Si, Ak dan Naila Hanum, S.E, M.Acc. selaku narasumber memaparkan mengenai kurikulum OBE dibahas sejak tahun 1990an yang intinya fokusnya pada hasil/outcames. Memastikan lulusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Alasan OBE:

  1. Perkembangan dunia Pendidikan
  2. Tantangan industry
  3. Peraturan pemerintah
  4. Persyaratan standar nasional

Prinsipnya implementasi OBE berfokus pada capaian pembelajaran.

Kekurangan selama ini sudah melakukan tetapi belum mengevaluasi. Yang perlu diperhatikan di D3 yaitu KKNI, SK Dikti, mengacu pada kemampuan.

Yang terpenting merumuskan CPL yang kalau sebelumnya memetakan Sikap, pengetahuan maka berdasarkan PP lebih disingkat lagi CPL dengan memperhatikan beberapa point saja.

Cara merumuskan CPL ada didalam pedoman, seperti kalimat apa yang perlu ada didalam konteksnya.

  1. Merumuskan pengetahuan
  2. Menghubungkan pengetahuan dengan bahan kajian, nanti dipetakan apakah sudah sesuai dengan CPL
  3. Mengaitkan dengan pengetahuan dan materi pembelajaran, CPLnya apa yang sesuai dengan materi pembelajaran.
  4. Menentukan mata kuliah. Misal materi 1, materi 2 pada mata kuliah. Jangan memaksakan mata kuliah
  5. Menetapkan beban belajar mata kuliah. Dalam panduan pedoman kurikulum terbaru sudah ada panduan sks yang ditentukan.
  6. Mengorganisasikan mata kuliah. Apabila menerapkan magang 20 sks maka ditetapkan dimana hal ini ditetapkan oleh perguruan tinggi
  7. Peta kurikulum. Didalam dokumen belum ada peta kurikulum.

Rencana Pembelajaran. Memuat unsur-unsur, nama prodi, nama kode, tujuan belajar, kemampuan akhir, bahasan, bentuk pembelajaran, metode, waktu, pengalaman belajar, indikator, bobot, daftar referensi. Kalau OBE di metode diperjelas di RPS, Indikator penilaiannya .

Dalam sesi diskusi juga mendengarkan masukan-masukan dari Instansi/Perusahaan rekanan, juga masukan dari alumni.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan Kapasitas Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) yang nantinya lulusan Prodi D3 Akuntansi siap di dunia kerja sesuai baik skill, pengetahuan dan perilaku yang dibutuhkan oleh Instansi/Perusahaan.

Notulen kegiatan : Erni Puji Astutik, M.Si.

Penulis dan editor : Bakhtiar Wijayanto, S.Kom.