Terdepan dalam Wirausaha

S1-Ekonomi Pembangunan

PROFIL

   Program studi S-1 Ekonomi Pembangunan Untidar, Terakreditasi: B, berdasarkan SK BAN PT No: 530/SK/BAN – PT/Akred/S/VI/2015 merupakan salah satu bagian dari studi ilmu ekonomi yang pembahasannya mengkhususkan diri pada persoalan pembangunan yang telah, sedang, atau akan terjadi di negara-negara berkembang. Bidang yang dipelajari dari Ekonomi pembangunan mengarahkan mahasiswa untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan pembangunan ekonomi baik ditingkat regional maupun nasional. Program Studi Ekonomi Pembangunan sangat berperan bagi pembuat keputusan atau kebijakan baik pada instansi pemerintah, BUMN, lembaga keuangan, maupun perusahaan swasta. Mahasiswa yang masuk program studi ini akan diberikan pengetahuan mendalam mengenai sumber daya manusia dan kelembagaan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter dan internasional, perencanaan pembangunan serta kewirausahaan. Program Studi S1  Ekonomi Pembangunan didesain untuk menghasilkan lulusan yang bisa beradaptasi di lingkungan kerja baik di sektor publik maupun sektor swasta serta memiliki kemampuan berwirausaha.

VISI

Menjadi Program Studi Ekonomi Pembangunan Yang Berbasis Riset Dalam Mengembangkan Ipteks Bidang Ekonomi Dan Wirausaha Bertaraf Nasional Dan Asean Pada Tahun 2026

MISI

  1. enyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang diarahkan pada kemampuan dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi berbasis riset dengan Ipteks Bidang Ekonomi Dan Wirausaha.
  2. menyelenggarakan pendidikan dana pengajaran untuk menghasilkan sarjana ekonomi yang mampu berperan dalam taraf regional, nasional maupun Asean
  3. melaksanakan penelitian dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi dengan mengedepankan Ipteks Bidang Ekonomi Dan Wirausaha.
  4. melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan yang berbasis riset dengan Ipteks Bidang Ekonomi Dan Wirausaha Bertaraf Nasional Dan Asean

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana ekonomi yang mempunyai kompetensi dalam penyusunan perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi.
  2. Menghasilkan sarjana ekonomi yang mampu berperan dalam taraf regional, nasional dan global.
  3. Menghasilkan penelitian dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi.
  4. Terwujudnya kerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan dan penerapan iptek dan seni dalam kaitannya dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi.
Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Drs. Whinarko Juliprijanto, M.Si.
Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan Dra. Sudati Nur Sarfiah, M.M.
PLT Ketua Laboratorium Jurusan Ekonomi Pembangunan Dra. Rusmijati, M.Si.

PROFIL LULUSAN

  • Profil Lulusan 1 – Manajer, Pengusaha, Pengambil Kebijakan

Adalah profil lulusan yang memiliki kemampuan aplikasi dan pengembangan Ilmu Ekonomi yang berguna dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam sebuah organisasi, memiliki ketrampilan dalam bidang ilmu Manajemen dan Iptek, serta mampu dalam beradaptasi terhadap kondisi sosial, ekonomi dan persaingan global, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menganalisis informasi dan data dalam permasalahan ekonomi pembangunan, serta mampu mengambil keputusan dalam organisasi dan lingkungannya.

  • Profil Lulusan 2 – Peneliti, Akademisi

Adalah profil lulusan yang memiliki kemampuan menganalisis suatu permasalahan dalam kehidupan sosial dan menemukan pemecahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu juga memiliki kemampuan sebagai akademisi yang mampu memberikan transfer of knowledge bagi peserta didiknya mengenai keilmuan Ekonomi, khususnya Ekonomi Pembangunan

  • Profil Lulusan 3 – Analis

Adalah profil lulusan yang memiliki kemampuan sebagai analis pada perencanaan dibidang pembangunan ekonomi regional mapun nasional dan ketrampilan dalam membuat analisisSWOT dan analisis lainnya yang diperlukan bagi manajemen.

  • Profil Lulusan 4 – Perencana

Adalah profil lulusan yang memiliki kemampuan sebagai perencana baik dalam perencanaan ekonomi regional maupun nasional.

1 Dra. Sudati Nur Sarfiah, MM.
2 Dra. Lucia Rita Indrawati, M.Si
3 Drs. Lorentino Togar Laut
4 Drs. Whinarko Juliprijanto Surjo Sutrisno, M.Si.
5 Drs. Sri Bondan, M.Si.
6 Dra. Rusmijati, M.Si.
7 Drs. Muhammad Asa’at Purba, M.Si.
8 Emma Dwi Ratnasari, S.E., M.Si.
9 Gentur Jalunggono, S.E., M.Si.
10 Jurni Hayati, S.E., M.Sc.
11 Rian Destiningsih, S.E., M.Si.
12 Yustirania Septiani, S.Pd., M.Sc.
13 Deni Ramdani, S.E., MBA.
14 Shintya Novita Rahmawati, S.E., M.M.
15 Andhatu Achsa, S.E., M.M.
16 Shinta Ratnawati, S.E., M.Si.
17 Hanung Eka Atmaja, S.E., M.M.
18 Dian Marlina Verawati, S.E., M.M.

2016 Powered By UPT TIK UNTIDAR