,

“Ketua IAI Wilayah Jawa Tengah Sebagai Praktisi Kuliah Dosen Tamu Akuntansi Forensik”

Pada hari Senin 23 Mei 2022, Jurusan S1 Akuntansi menyelenggarakan kuliah dosen tamu mata kuliah Akuntansi Forensik. Pertemuan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Bapak Hendri Santosa, S.E., Ak., M.Si., CA., CFrA, CRP., QRGP., CGCAE., ASEAN CPA yang merupakan Ketua IAI Wilayah Jawa Tengah, membawakan materi bertema “Akuntansi Forensik dan Strategi Anti Fraud”.

 

Kegiatan kuliah dosen tamu dibuka dengan sambutan dan pengantar dari moderator yaitu Bapak Nuwun Priyono, S.E., M.Ak., Akt., CA dan dosen pengampu mata kuliah Akuntansi Forensik yaitu Ibu Octavia Lhaksmi Pramudyastuti, M.Acc., Ak. Dalam sambutan disampaikan bahwa kegiatan kuliah dosen tamu pada mata kuliah ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai ruang lingkup Akuntansi Forensik, Fraud, Fraud di sektor publik serta memahami strategi anti fraud sebagai upaya pencegahan, serta (2) Berbagi pengalaman dari praktisi.

Dalam pertemuan tersebut mahasiswa diperkenalkan berbagai indikasi fraud di dunia kerja yang perlu diwaspadai, seperti adanya pengendalian internal yang lemah di lingkungan institusi, adanya transaksi keuangan yang tidak terotorisasi oleh pejabat berwenang, ditemukan kerugian keuangan yang cukup besar, lemahnya budaya berintegritas, pemakluman atas penyimpangan, perubahan gaya hidup dan hutang piutang pegawai yang tinggi, tidak adanya pembagian tugas yang jelas serta tingginya perputaran pegawai. Dari berbagai indikasi tersebut perlu dilakukan strategi anti fraud seperti dengan: (1) Pencegahan, (2) Deteksi, (3) Investigasi, pelaporan dan sanksi, serta (4) Pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut. Mahasiswa sangat antusias dengan perkuliahan ini. Mereka menyampaikan beberapa pertanyaan kepada dosen tamu dan dijelaskan oleh dosen tamu dengan sangat detail. Perkuliahan dosen tamu secara online berjalan dengan lancar.

 

by adminweb/IN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *