Terdepan dalam Wirausaha

D3-Akuntansi

PROFIL PROGRAM STUDI

Program Studi Akuntansi merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Tidar (Untidar). Sebelum menjadi PTN, Untidar merupakan Perguruan Tinggi Swasta dengan nama Universitas Tidar Magelang (UTM). Perubahan status UTM (PTS) menjadi Untidar (PTN) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tanggal 2 April 2014 tentang Pendirian Universitas Tidar.

Program Studi Akuntansi dengan jenjang pendidikan Diploma III (DIII), mulai diselenggarakan pada tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 47/Dikti/Kp/1999 tertanggal 3 Maret 1999. Akreditasi terakhir dari BAN PT dengan keluarnya SK Nomor 002/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VI/2011 dengan nilai B pada tahun 2011. Program Studi Akuntansi dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya mengacu pada pencapaian dan mewujudkan visi, misi, tujuan, sasaran yang telah ditetapkan, dan produktivitas kerja yang berorientasi pada pengguna lulusan atau pada pasar kerja.

Program studi Akuntansi mempunyai 8 dosen tetap dan 4 dosen tidak tetap dengan kualifikasi pendidikan minimal S2. Berdasarkan ketersediaan dosen tetap tersebut, rasio dosen : mahasiswa yakni 1 : 19 dalam kategori baik. Program studi memiliki dosen tetap yang berkualitas serta dosen tidak tetap yang kompeten. Namun demikian upaya peningkatan kualitas dan kuantitas dosen tetap akan terus ditingkatkan.

Mahasiswa pada program studi Akuntansi sebagian besar berasal dari daerah sekitar kabupaten (Magelang, Wonosobo, Purworejo, Temangung, Kebumen) dan Kota Magelang. Pada umumnya mereka berasal dari SMA dan SMK. Mahasiswa sebagai input program studi diseleksi melalui seleksi administrasi dan seleksi akademis, yang dilaksanakan di tingkat universitas. Program studi berusaha memberikan pelayanan pembimbingan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan secara maksimal peran pembimbing akademik. Pelayanan untuk mahasiswa dilakukan baik bersifat formal maupun informal dan tidak hanya terbatas pada hal-hal yang menyangkut studi mahasiswa.

Layanan bimbingan untuk mengantarkan pada kelulusan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan formal perkuliahan, tetapi juga dengan menyediakan wadah kegiatan dalam bentuk organisasi kemahasiswaan baik di tingkat universitas maupun fakultas yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan penalaran dan minat bakat. Pengembangan kepribadian dan sosialisasi mahasiswa dapat dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di tingkat lembaga seperti Menwa, Pramuka, Paduan Suara, berbagai wadah yang menangani cabang olah raga, Kelompok Seni, Pencinta Alam dan sebagainya, serta BEM Fakultas Ekonomi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).  Disamping itu secara fakulter juga diselenggarakan kegiatan ekstra kurikuler di bawah bimbingan Wakil Dekan Bidang I. Selama ini sebagian besar mahasiswa terlibat aktif pada kegiatan HMJ, BEM, dan UKM serta kegiatan ekstra kurikuler yang ada. Melalui berbagai wadah tersebut dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan pribadi mahasiswa.

VISI

Program studi Diploma III Akuntansi menjadi unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni khususnya dalam bidang ekonomi akuntansi baik secara teori maupun praktik.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ekonomi akuntansi yang berkualifikasi dalam lingkup lembaga perguruan tinggi.
  2. Membentuk lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang ekonomi akuntansi, mampu berperan secara lokal, nasional, dan global.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, berdasarkan penelitian terutama di bidang akuntansi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

TUJUAN

  1. Pengembangan potensi kognisi, potensi psikomotor, dan potensi afeksi pada mahasiswa sehingga lulusannya mempunyai standar kompetensi untuk dapat memahami dan melaksanakan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang ilmu akuntansi serta dapat berkarya dalam taraf regional, nasional dan global.
  2. Mengembangkan program studi diploma sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggi.
  3. Menyiapkan lulusan yang banyak dibutuhkan oleh dunia kerja dan masyarakat.
  4. Menyiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi D3 Akuntansi mempunyai kualifikasi :

  1. Akuntan madya pada perusahaan umum yang bergerak di bidang jasa, dagang, maupun manufaktur,
  2. Akuntan madya pada instansi sektor publik/pemerintah;
  3. Akuntan madya pada bidang perbankan;
  4. Akuntan madya pada bidang keuangan syariah;
Ketua Jurusan Akuntansi Siti Arifah, SE.Akt, M.Si.
Sekretaris Jurusan Akuntansi Nuwun Priyono, S.E., Akt., M.Ak.
PLT Ketua Laboratorium Jurusan Akuntansi Muhamad Wahyudi, S.Pd., M.Si.
1 Chaidir Iswanaji, S.E., M.Ak.
2 Endang Kartini Panggiarti, S.E., M.Si.
3 Eva Wulandari, S.E., M.Sc.
4  Muhamad Wahyudi, S.Pd., M.Si.
5  Nuwun Priyono, S.E., M.Ak., Akt.
6 Siti Arifah, SE.Akt, M.Si.
7  Supanji Setyawan, S.Pd., M.Si.
8  Utpala Rani, S.E., M.Si.

2016 Powered By UPT TIK UNTIDAR