Baksos dan Makrab Fakultas Ekonomi 2018

Baksos merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi setiap tahunnya, Baksos ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi, kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari tri dharma  perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, Pada tahun ini baksos dan makrab (malam kekraban) dijadikan satu rangkaian kegiatan selama tiga hari dua malam. Makrab sendiri diadakan dengan tujuan untuk saling mengakrabkan antar mahasiswa. Pada hari pertama, kegiatan ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan di depan gedung fakultas ekonomi dengan sambutan singkat dari Dr. Hadi Sasana, S.E., M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi. Setelah sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi kemudian dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Asa’at Purba sebelum melakukan perjalanan. Perjalanan dari kampus Universitas Tidar ke lokasi Bakti Sosial, ditempuh menggunakan bus.

Sesampainya di lokasi Bakti Sosial, peserta dikumpulkan di balai desa guna dilakukan penyambutan oleh perangkat desa setempat. Setelah itu, peserta (yang sebelumnya sudah terbagi menjadi beberapa kelompok) diarahkan menuju masing-masing rumah yang berlokasi di 5 dusun yaitu Dusun Tirto, Dusun Pesanggarahan, Dusun Kudusan, Dusun Pasikan, dan Dusun Gentan.

Acara pertama yang harus diikuti oleh peserta yaitu melakukan kunjungan UMKM yang berada di Desa Tirto. Kegiatan selanjutnya yaitu Ziarah ke Makam Sunan Geseng. Ziarah ini dilaksanakan setelah ashar dengan diikuti oleh perwakilan dua  mahasiswa per kelompok. Setelah ziarah mahasiswa diberikan waktu untuk ishoma (istirahat, sholat, makan) dan membaca yasin di rumah masing masing kelompok sampai dengan waktu isya. Setelah itu lanjut kegiatan selanjutnya, yaitu ada yang mengikuti briefing dengan panitia terkait kegiatan yang akan dilaksanakan untuk hari jumat, ada yang mengikuti pemaparan hasil kunjungan umkm (yang dilaksanakan siang hari) di balai desa Tirto, ada yang tetap tinggal di rumah membuat kerajinan tangan dari tutup botol hydrococo.

Dalam pemaparan hasil kunjungan umkm yang dilaksanakan di Balai Desa Tirto. setiap kelompok mewakilkan dua anggotanya. Jumlah kelompoknya sendiri ada 26 kelompok. Setiap kelompok diberi waktu 4 menit dimana 2 menit untuk pemaparan dan 2 menit untuk sesi Tanya jawab. Dalam pemaparan ini melibatkan 6 dosen dan 4 panitia bem sebagai penilai. Yang dinilai dalam pemaparan ini adalah materi yang disampaikan dari hasil kunjungan umkm dan kecakapan peserta dalam pemaparannya.

Pada hari ke-dua, Jumat, 14 September 2018 setelah sarapan, mahasiswa di bagi beberapa tugas, ada yang mengikuti sosialisi di SD N Tirto, MI Maarif Tirto, dan TK Pertiwi Tirto ada juga yang mengikuti kerja bakti membersihakn lingkungan sekitar dan mushola setempat.

Sebelum dimulai sosialisasi ke kelas, mahasiswa dikumpulkan terlebih dahulu di halaman untuk menerima sambutan dari perwakilan dosen dan kepala SD N Tirto. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan pengarahan mengenai mekanisme pembagian kelas oleh Kepala sekolah. Setelah menerima pengarahan, mahasiswa masuk ke kelas masing masing sesuai dengan pembagian setiap kelompok. Mahasiswa diberi waktu satu jam untuk memberikan materi dan mengajari siswanya membuat permainan dari kertas origami. Antusias dari para siswa terlihat sangat tertarik dan senang dengan kedatangan dari para mahasiswa. Setelah itu dilanjutkan dengan ishoma dan kegiatan selanjutnya adalah outbond. Outbond ini diikuti oleh 26 kelompok. Seluruh mahasiswa dikumpulkan di lapangan desa Tirto. Rute Outbond ini dibagi menjadi 6 pos. Setiap kelompok akan merasakan semua pos outbond ini dan berakhir kembali ke lapangan lagi. Outbond selesai sekitar pukul 16.15 WIB dan semua mahasiswa diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing untuk istirahat dan sholat. Setelah makan malam dan sholat maghrib, para mahasiswa bersiap siap untuk mobilisasi ke lapangan guna mengikuti pensi(pentas seni). Dalam pensi ini mahasiswa tampil sesuai dengan kelas masing masing. Setiap kelas menampilkan penampilan yang berbeda beda sesuai dengan undian yang dilaksanakan ketika technical meeting. Pensi ini merupakan salah satu kegiatan untuk saling mengakrabkan antar mahasiswa baru dimana dalam pensi ini juga dimeriahkan dengan penyalaan api unggun di tengah lapangan yang membuat keakraban itu semakin terasa. Malam keakraban ini ditutup dengan penerbangan lampion yang sebelumnya sudah dibawa oleh mahaiswa dandikumpulkan ke panitia. Acara ini berlangsung dengan snagat meriah dan sukses menghibur mahasiswa serta masyarakat sekitar. Makrab ini selesai sekitar pukul 10.00 WIB dan mahasiswa bersiap-siap untuk mobilisasi ke rumah masing-masing untuk istirahat.

Pada hari ke-tiga baksos dan makrab ini,  setelah sarapan pagi  mahaiswa diwajibkan untuk bekerja bakti di lingkungan sekitar, packing barang bawaan, serta membagikan sembako ke masyarakat sekitar. Setelah rangkaian acara baksos selesai semua mahasiswa bersiap siap untuk mobilisasi dan kembali ke kampus menggunakan bus. Mahasiswa sampai di kampus sekitar pukul 10.30 WIB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *